Tim Satpol PP Sumbar melakukan Penyelamatan Korban Longsor di Solok Selatan

Tim Satpol PP Sumbar melakukan Penyelamatan Korban Longsor di Solok Selatan

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 10 Februari 2016 20:43:58 WIB


Satpol PP Sumbar, Sangir --- Bencana Banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan terjadi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Pagu, Kecamatan Pauh Duo, dan Kecamatan Sangir. Akibat gururan hujan terus menerus menyebabkan banjir yang merendam sekitar 500 hektare sawah di lima kecamatan, yakni Sungai Pagu, Pauh Duo, Sangir, Sangir Jujuan dan Sangir Batanghari dan merendam sekitar 2.000 rumah warga di Kecamatan Sungai Pagu dan Sangir. Hingga warga tidak bisa menyelamatkan barang-barang milik mereka karena banjir bandang tersebut datang dengan tiba-tiba dan lebih parah lagi air bah juga merusak tujuh jembatan yang diantaranya berada di Janjang Kambiang, Kiambang, Koto Rambah, Ranah Pantai Cermin dan Bulu Kasok.

Bencana tanah longsor menimbun jalan di wilayah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Akibatnya, banyak daerah terisolasi, karena banyak jembatan dan jalan longsor. Sementara untuk keseluruhan rumah yang diterjang longsoran tanah pada peristiwa bencana alam ini berjumlah delapan rumah, salah satunya berada di Jorong (Dusun) Taratak Tinggi, Nagari (Desa) Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo. Pada musibah ini, hingga kini sudah lima orang ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, satu dalam pencarian dan satu orang selamat.

Namun menurut Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya, Senen (8/2/2016) sudah enam orang korban longsor ditemukan.

Menyikapi kejadian tersebut Plt. Kasatpol PP Sumbar langsung memerintahkan Bidang Perlindungan Masyarakat untuk terjun dalam penyelamatan baik korban jiwa maupun evakuasi masyarakat ke daerah yang aman.

Plt. Kasatpol PP Sumbar (Ir. Afrin Jamal) “Kami menugaskan anggota Satpol PP dan Linmas sebanyak 25 personil, 10 dari anggota Linmas dan 15 dari anggota Satpol PP yang akan membantu penyelamatan korban bencana banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan”, ujar Afrin Jamal.

Anggota kami sudah siap ditugaskan karena mereka diberikan ilmu sesuai dengan SOP terhadap penanggulangan bencana alam, adapun pelaksanaan kegiatan ini 25 anggota kami dibekali dengan kendaraan 4 WD dan i unit truck Dalmas, tandu 10 buah dan tenda pleton 1 buah, mudah-mudahan berjalan dengan lancar.

Dan pada kesempatan ini kami dari Satpol PP Sumbar ikut berduka cita yang mendalam bagi korban longsor dan masyarakat Solok Selatan yang kena musibah banjir, agar dapat menerima musibah ini dengan tabah, mudah-mudahan musibah ini cepat berakhir dan kita dapat kembali menjalani aktivitas seperti biasa. ... Amin YRA.

(by. Novear)