Gubernur Sumatera Barat Hadiri Upacara Pembukaan TMMD/N ke-96

Gubernur Sumatera Barat Hadiri Upacara Pembukaan TMMD/N ke-96

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 03 Mei 2016 16:13:21 WIB


Gubernur Sumatera Barat menghadiri upacara pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa/Nagari (TMMD/N) ke-96 tahun 2016 di kec.Salimpaung kab.Tanah Datar, Selasa (3/5/2016). 

Turut hadir pada upacara ini Danrem 032 wirabraja, kepala kejaksaan tinggi prov.Sumbar, Kasat Pol PP Prov.Sumbar,Bupati kab.Tanah datar, wakil bupati kab.sijunjung, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat prov.Sumbar, Kepala Biro Humas prov.Sumbar, serta unsur forkopimda prov dan kab.Tanah Datar.

Kegiatan TMMD/N kali ini mengambil tema: "Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Kerjasama Lintas sektoral & Lintas Komponen Bangsa, Kita wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan kesejahteraan Rakyat."

Dalam sambutannya Irwan Prayitno mengatakan,"Kegiatan ini secara nasional secara serentak hari ini dibuka di masing-masing wilayah. Untuk di Sumatera Barat, kegiatan ini diadakan di Kab.tanah Datar dan Kab.Pasaman. untuk di Pasaman, dibuka langsung oleh Bupati Pasaman. Kita sangat mengapresiasi TNI mampu bergabung bersama-sama dengan masyarakat melakukan pembangunan di nagari-nagari. Program TMMD/N ini merupakan kelanjutan dari program Abri Masuk Desa yang merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, kementerian/lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah dan swasta bersama masyarakat nagari/desa lokasi sasaran dalam rangka percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di desa tertinggal, terpencil dan terisolir."
"Ketika saya masih SMA dulu Waktu itu namanya masih ABRI masuk desa, hasilnya sangat nyata. Hingga saat ini kita masih bisa melihat hasil pembangunannya dan kita masih bisa rasakan manfaatnya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus dan secara berkelanjutan kita laksanakan." Jelasnya.

Diakhir gubernur Sumatera Barat berpesan,"Setelah upacara ini TNI dan masyarakat akan segera bergabung, mohon kiranya dalam kegiatan dilapangan nanti diharapkan partisipasi dan kerjasama serta gotong royong dari seluruh unsur yang terkait. Saling bantu membantu, semata-mata kegiatan ini adalah untuk pembangunan daerah kita, sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan."
Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan berupa 4 unit handtraktor, 1 unit genset,1 unit mesin potong rumput, bibit tanaman, bibit ikan, alat-alat olahraga serta bantuan dana bagi warga masyarakat.
Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama 30 hari, mulai dari 3 mei s/d 1 juni 2016. Berlokasi di nagari salimpaung, nagari lawang mandahiling dan nagari supayang kec.salimpaung kab.tanah datar.