Sumbar Meraih Penghargaan Sikompak Award 2013 PNPM-MP

Berita Utama () 02 Juli 2013 16:18:50 WIB



Gubernur Sumbar, Bupati Solok, BupatiLima Puluh Kota, BKANJunjung Sirih,Serta UPK Sago Lareh Halaban Meraih Penghargaan Sikompak Award 2013

Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) PNPM Mandiri Pedesaan selama empat hari, 17-20 Juni 2013 diJakarta. Disela-sela Rakernas diadakan penyerahan Anugerah Sikompak Award 2013 yang diserahkan Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Dalam Negeri Gawaman Fauzi. Peserta yang hardir utusan kepala daerah , Gubernur dan Bupati di lokasi PNPM Mandiri Perdesaan.

Anugerah Sikompak Award diberikan kepada lembaga, pelaku dan Pembina PNPM Mandiri Perdesaan terbaik nasional untuk kategori Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Pendamping Lokal (PL) dan Perencanaan Pembangunan Desa (PPD).

Sebelumnya sudah dilakukan seleksi berjenjang dengan criteria penilaian yang selektif dan terperinci terhadap masing-masing ketegori penilaian. Tim penilai disetiap provinsi melakukan penilaian atas pemenang terbaik di Kabupaten yang diperkuat oleh surat keputusan Gubernur terhadap hasil seleksi di tingkat provinsi. Dari setiap provinsi yang mengajukan kandidatnya kemdian diseleksi oleh Tim Penilai Nasional berdasarkan verifikasi lapangan dan kelengkapan dokumen.

Orang nomor satu di Sumatera Barat Gubernur Irwan Prayitno meraih penghargaan Sikompak Award 2013 sebagai Pembina terbaik nasional dalam membina BKAN dan UPK PNPM Mandiri Perdesaan. Selain itu Bupati Solok dan Bupat Lima Puluh Kota juga menerima penghargaan.

Tak mau kalah dari pembinanya yang dibina pun meraih penghargaan Sikompak Award untuk kategori terbaik Operasional, Kelembagaan dan Pelayanan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima PUluh Kota dan untuk kategori bidang Kelembagaan, Kemitraan dan Kerjasama serta Peran dan Fungsi badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) adalah kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Peberian anugerah sebagai wujud apresiasi dan perhatian pemerintah terhadap para Pembina, Pelaku, Pendamping dan Fasilitator yang memiliki dedikasi dan menunjukan kinerja terbaiknya. Kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar Direktorat Jenderal Pemberdayaan masyarakat Desa(PMD), Kementrian Dalam Negeri selaku Pembina PNPM MAndiri Perdesaa. Dalam acara Sikompak Award 2013 juga dilakukan pameran foto-foto keghiatan PNPM Mandiri Perdesaan yang dikumpulkan dari berbagai daerah.