KPID Award Perdana di Sumbar Digelar

KPID Award Perdana di Sumbar Digelar

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 30 November 2016 20:17:54 WIB


Padang---Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat menggelar KPID Award 2016 Sumatera Barat dengan tema 'Bangkit Bersama Penyiaran Sumbar' di Kyriad Hotel Bumiminang, Senin (28/11) malam.

Gelaran ini dimaksudkan sebagai ajang penghargaan bagi lembaga penyiaran radio dan televisi di Sumatera Barat yang dianggap telah menyajikan siaran dan tayangan yang menghibur secara sehat, mendidik, bermanfaat, dan mampu menjadi media kontrol, serta perekat sosial masyarakat Sumbar.

KPID Award perdana di Sumatera Barat ini diikuti oleh 19 lembaga penyiaran yang terdiri dari lembaga penyiaran radio dan televisi dengan total karya yang diperlombakan kurang lebih sebanyak 110 program.

Ajang yang digelar oleh KPID Sumbar ini merupakan cara yang sangat baik untuk memotivasi Lembaga Penyiaran dan seluruh stakeholdernya untuk mengikuti aturan, taat asas, norma, etika dan agama dalam seluruh konten yang hendak disiar dan tayangkan.

KPID Sumbar harus mampu berlaku adil dalam mengontrol dan mengawasi Lembaga Penyiaran tanpa pandang bulu, dan melakukan seleksi dan penyaringan konten berdasarkan hukum dan rujukan yang benar.

“KPID perlu melakukan kontrol. Kontrol ini tidak boleh represif sifatnya, harus merata, tidak pilih kasih, tidak boleh pula memberikan toleransi dan kelonggaran kepada lembaga penyiaran tertentu yang dapat menyebabkan KPID kehilangan peran dan kewibawaannya dalam mengontrol dan memberi sanksi,”ujar Gubernur.

Tambah dia Lembaga Penyiaran agar mampu menyajikan siaran dan tayangan yang bernilai. Semestinya lembaga penyiaran mampu menyajikan program-program yang bernilai baik. Tentu harus kejar untung, namun itu tidak serta-merta berarti boleh menghalalkan segala cara dengan memanfaatkan situasi yang berdampak buruk pada generasi mendatang. “Mari, hindari siaran berbau negatif. Jangan komersil saja, pesannya harus bernilai,” harap Irwan Prayitno.

Hadir pada malam KPID Award 2016 ini antara segenap jajaran Forkopimda Prov. Sumbar, Walikota dan Bupati se-Sumbar, Komisioner Komisi Informasi Sumbar Syamsurizal, Komisioner KPI Pusat Bidang Pengawasan Isi Siaran Mahyong Suryolaksono, Kepala Sekretariat KPID, Pimpinan Lembaga Penyiaran, dan segenap insan penyiaran Sumbar.

Berikut daftar lengkap Pemenang KPID Sumbar Award 2016:

1. Program Talkshow Televisi dan Radio Terbaik
    Televisi: DIALOG FORUM EDITOR (PADANG TV) EDISI MITIGASI BENCANA DI MATA PASLON GUB
    Radio: MENGENAL SOSOK IP (CLASSY FM PADANG)

2. Program Berita Televisi dan Radio Terbaik
    Televisi: BERITA RANAH MINANG (TVRI SUMBAR)
    Radio: ALL NEWS (PRONEWS FM)

3. Program Iklan Layanan Masyarakat televisi dan radio Terbaik
    Televisi: TERORISME (ANTV PADANG)
    Radio: SAMPAH VERSI WALIKOTA (ARBESS FM)

4. Program Anak Televisi dan Radio Terbaik
    Televisi: DUNIA ANAK (TVRI SUMBAR): PERSAHABATAN BAGAI KEPOMPONG
    Radio: TAMAN KANAK-KANAK (RRI PADANG)

5. Program Feature Radio dan Televisi Terbaik
    Televisi: POTRET NAGARI (iNews TV)
    Radio: GEMPA 30 SEPTEMBER 2009 (RRI PADANG)

6. KPID Award spesial untuk Tokoh Peduli Penyiaran Sumbar:
    GUBERNUR SUMBAR & WALIKOTA SAWAHLUNTO

7. Televisi Peduli Adat dan Budaya Daerah:
    INDOSIAR & RCTI. ***