MANTAN KETUA BAPPEDA SUMBAR DIKUKUHKAN SEBAGAI GURU BESAR DI UNAND

MANTAN KETUA BAPPEDA SUMBAR DIKUKUHKAN SEBAGAI GURU BESAR DI UNAND

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 23 Mei 2017 17:51:13 WIB


Prof. Dr. Bambang Istijono, M. Eng dikukuhan sebagai Guru Besar Tetap dalam Ilmu Teknik Pengairan Pada Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andalas, dengan judul Orasi "Pengelolaan Sumberdaya Air Berbasis Wilayah Sungai di Sumatera Barat  2032" Selasa 23 Mei 2017 di auditorium Unand Limau Manis Padang.


Prof. Bambang mengawali kariernya sebagai PNS di Sumatera Barat pada tahun 1999 sebagai Kadis PSDA, pada tahun 2001 sebagai Kadis Pertambangan dan Energi, tahun 2006 sebagai Asisten Kesra Setda Prov. Sumbar, tahun 2007 s.d 2010 sebagai Ketua BAPPEDA Sumbar.

Dalam Orasinya Pak Bambang melihat permasalahan pengelolaan sumberdaya air diantaranya adalah: pertama, penanganan yang terfragmentasi, dimana terjadi tumpang tindih maupun tanggungjawab dari beberapa instansi, seperti dinas lingkungan hidup, PLN dinas PSDA, BAPPEDA dan sebagainya. Kedua, kelemahan koordinasi,  belum optimalnya koordinasi antar lembaga dan stakeholder baik pusat maupun daerah, ketiga regulasi, dimana UU. No. 23/2014 tentang Pemerintah Daerah dengan Perda terkait ada yang perlu direvisi, keempat prinsip denda bagi pencemaran air, mekanisme perjanjian dan organisasi masyarakat pemakai air serta prinsip good governance dan akuntabilitas publik, dan sebagainya.

Diwaktu yang sama juga dilaksanakan Orasi Ilmiah oleh Prof. Dr. Eng. Ir., Gunawarman. MT,  dengan judul orasi "Pengembangan Biomaterial Berbasis Titanium dan Biokeramik dari Bahan Organik Lokal Untuk Aplikasi Biomedis", dalam rangka Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Material Teknik Pada Fakultas Teknik Universitas Andalas.
Selamat kepada Bapak Prof. Dr. Bambang Istijono. M. Eng dan Bapak Prof. Dr. Ir. Gunawarman. MT semoga ilmunya dapat berguna bagi nusa bangsa dan agama... Amiin. (by. Akral)