DISPERINDAG SUMBAR MENGADAKAN PELATIHAN TEKNIS PRODUKSI BARANG DARI BAHAN BAKU KARET

DISPERINDAG SUMBAR MENGADAKAN PELATIHAN TEKNIS PRODUKSI BARANG DARI BAHAN BAKU KARET

Industri dan Perdagangan BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 18 Juli 2017 22:43:06 WIB


Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi penghasil karet, berdasarkan data ekspor Sumatera Barat Karet merupakan komoditi terbesar kedua yang di ekspor. Karet yang di ekspor masih berupa crumb rubber yang merupakan olahan karet rakyat yang sebagian besar dari perkebunan rakyat.

Selama ini karet masih diolah menjadi crumb rubber yang nilai tambahnya tidak begitu signifikan, kalau ada pengolahan lebih lanjut diharapkan nilai tambah dan penyerapan tenaga kerja akan semakin besar.

Atas dasar tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat mengadakan pelatihan teknis Produksi Barang dari bahan Baku karet yang dilaksanakan di Hotel Padang Jl Bagindo Azis Chan dari tanggal 11 Juli s/d 14 Juli 2017.

Peserta sebanyak 30 orang berasal dari Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang pariaman, Kota Padang panjang, Kota Solok, Kabupaten Tanah datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten agam, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasraya.

Instruktur dalam Pelatihan ini adalah Haerul, ST, Beliau menyampaikan teori-teori pengolahan produk berbahan baku karet yang diikuti dengan praktek, sedangkan narasumber Asep Lukman  Gupron, SE, Akt seorang praktisi, beliau menyampaikan pengalaman-pengalamannya dalam pengolahan produk berbahan baku karet.

Dari pelaksanakaan pelatihan peserta sangat antusias mengikutinya, sampai malampun peserta masih dengan serius mengikuti. Harapan peserta ada kelanjutan pelatihan ini sehingga peserta akan lebih mahir dalam mengolah barang dari produk karet.

Acara dibuka dan ditutup oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat dan penutupan diwakili oleh Kepala Bidang Industri Agro , dalam arahanya beliau menyampaikan peserta serius dalam menjalani pelatihan dan ada manfaat yang dibawa pulang oleh IKM.