Gubernur Irwan Prayitno Buka Forum Inovasi Pemprov Sumbar

Gubernur Irwan Prayitno Buka Forum Inovasi Pemprov Sumbar

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 27 Desember 2017 20:47:12 WIB


Padang, 27 Desember 2017

Gubernur Irwan Prayitno membuka Forum Inovasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bertempat di Auditorium Gubernuran Padang.

Acara yang dihadiri oleh Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan laboratorium inovasi yang di bentuk pada tanggal 2 Desember lalu.

Dalam sambutannya, Irwan Prayitno menyampaikan agar semua OPD berpacu dan berlomba untuk memberikan pelayanan publik yang baik dan mengatur tata kelola pemerintah yang efektif dan efisien.

Gubernur memberikan contoh inovasi seperti gerakan pensejahteraan petani (GPP) yang memadukan seluruh OPD dalam memajukan usaha dan pendapatan kelompok tani yang berdampak kepada menurunnya tingkat kemiskinan serta menyumbang angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Contoh inovasi lainnya adalah Kegiatan Pemberdayaan Nelayan Desa Terpadu (GPEMP), dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nelayan dan masyarakat pesisir dengan memperkuat teknologi dan sumberdaya manusia masyarakat pesisir khususnya nelayan melalui pengembangan alat gerak (perahu) dan pengembangan alat penangkap ikan, sehingga diharapkan terjadinya peningkatan produktivitas penangkapan ikan nelayan.

Contoh inovasi terakhir dapat dilihat di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dimana dengan adanya inovasi dibidang kepegawaian, BKD cepat memberikan assesmen dan rekruitmen dalam pengambilan keputusan.

Diakhir sambutannya Gubernur berharap agar seluruh OPD dapat berinovasi untuk suskesnya percepatan kegiatan dan program seperti yang telah dilakukan provinsi lainnya.

"Minimal setiap OPD mempunyai 10 inovasi yang bisa menghasilkan," harap gubernur.