118 WAKA KURIKULUM SMA IKUTI WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM PENCAPAIAN SPM PENDIDIKAN

       118 WAKA KURIKULUM SMA IKUTI WORKSHOP PENYUSUNAN  PROGRAM   PENCAPAIAN   SPM PENDIDIKAN

Pendidikan () 13 November 2018 01:02:15 WIB


Padang, 10 November 2018

      Berdasarkan undang-undang no. 23 tahun 2018 ada enam urusan pemerintahan wajib yang bersifat pelayanan dasar yang diperoleh setiap warga negara secara minimal.  Standar pelayanan minimal ( SPM )  tersebut adalah  pendidikan, kesehatan, pupr, perumahan/permukiman, sosial serta keamanan.

      Sekaitan dengan hal tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Workshop Penyusunan Program Pencapaian Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) bagi 118 wakil kepala SMA Negeri  yang membidangi kurikulum, 10 s.d. 12 November  2018 angkatan pertama bertempat di Rocky Plaza Hotel.

      Kegiatan workshop ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM, Sabtu siang ( 10-11 ) lantai 5.

      Dalam pengarahannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat                 Drs. Burhasman, MM mengatakan, Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintah wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara salah satunya adalah pelayanan pendidikan.

       Dengan diadakannya kegiatan Workshop SPM ini, Kadisdik Burhasman mengharapkan  seluruh SMA di Sumbar ini mulai dikelola dengan cara memenuhi standar nasional pendidikan dan standar pelayanan minimal.

       Kadisdik Burhsaman menjelaskan, dengan dipenuhinya standar pelayanan minimal     ( SPM ), standar nasional pendidikan ( SNP ) kita berharap adanya peningkatan kualitas, hasil serta tata kelolanya sudah berkualitas, maka hasil lembaga pendidikan kita juga akan berkualitas.

        Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan ujar Burhasman tahun 2018 kita akan dorong lembaga pendidikan SMA, SMK dan SLB dalam pengelolaannya berdasarkan Standar Nasional ( SNP ) dan Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) yang harus dipersiapkan untuk melayani bidang pendidikan kepada masyarakat.

        Sementara itu Kabag Perencanaan Disdik  Drs. Djondri Busafril selaku ketua penyelenggara dalam laporannya   mengatakan,   kegiatan Workshop Penyusunan Program Pencapaian Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) Pendidikan.

        Kegiatan ini ujar Djondri Busafril diikuti sebanyak 118 wakil kepala SMA Negeri bidang kurikulum dan dilaksankan  selama 3 hari  dengan narasumber pusat dari Kementerian Dalam Negeri Helda Nusi, SE, M.Si Kasi Wilayah II Subdit Pendidikan Ditjen Bina Pembangunan Daerah,  narasumber ahli yaitu Ketua BAN-SM Sumatera Barat  Prof. Syofyarma Marsidin, M.Pd serta dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat ( By: Pon Siswa,S.Sos/Disdik Sumbar ).