5 Orang Positif Corona di Sumbar, Pemprov Lakukan Pelacakan

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 27 Maret 2020 09:09:52 WIB


Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menyebutkan bahwa terkait adanya lima warga Sumbar yang dinyatakan positif terjangkit Covid 19 pada Kamis (26/03) kemarin, Pemprov Sumbar langsung melakukan upaya pelacakan (tracking) kebelakang mengenai kontak dan riwayat perjalanan pasien. Pasien positif tersebut yakni satu orang dari Padang, satu orang dari Pesisir Selatan, satu orang dari Tanah Datar dan dua orang dari Bukittinggi.

Irwan Prayitno memaparkan bahwa pihak Litbangkes RI juga telah memberikan izin kepada pemerintah provinsi Sumatera Barat untuk mengumumkan kondisi pasien yang positif terpapar Covid-19 kepada publik. Adapun hasil positif tersebut didapatkan setelah adanya pemeriksaan dengan rincian 2 (Dua) orang dari hasil Lab Fakultas Kedokteran Unand dan 3 (tiga) orang dari hasil Lab Litbang Kemenkes RI.

Dengan telah dilakukannya pelacakan tersebut, ia menambahkan bahwa mulai hari ini dan selanjutnya seluruh masyarakat yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta suspect Covid-19, secara bertahap akan dilakukan pemeriksaan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand. 

Tak hanya itu, menghadapi situasi ini, ia menghimbau masyarakat untuk tetap jaga jarak (physical distanding), menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dan mengganti pakaian sehabis berpergian jika telah dirumah. Menjaga asupan makanan bergizi dan melakukan olahraga secara teratur juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik. Masyarakat juga diminta untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak dan kepada perantau, diimbau agar menunda sementara untuk pulang kampung