Wirid Mingguan di Dinas PMD, Temanya Berprasangka Baik kepada Allah SWT 

Wirid Mingguan di Dinas PMD, Temanya Berprasangka Baik kepada Allah SWT 

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 28 Agustus 2022 09:02:28 WIB


Padang, Agustus

Berprasangka baik kepada Allah SWT akan membuat manusia tetap bersemangat dalam hidup dan semangat kerja serta meringankan beban pikiran. Sikap berbaik sangka atau huznudzon merupakan tindakan terpuji dan cara pandang positif dari umat muslim.

Demikian inti sari tausiyah yang disampaikan Ustadz Azka Umrah, LC.MA dalam acara Wirid Mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Sumbar, Jalan Pramuka Raya Padang, Jum'at (26/8/2022).

Wirid Mingguan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari Jum'at, yang langsung dihadiri oleh Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., Sekretaris Amrisman, S.Pd.MM., para Kabid, para Kasi dan Kasubag, para JFT dan JFU serta seluruh staf yang ada di Dinas PMD Sumbar.

Ditambahkan oleh Ustadz Azka Umrah, bahwa dalam sebuah hadis qudsi dari Abu Hurairah disebutkan bahwa Allah SWT akan menuruti persangkaan hamba Nya. Apabila hamba Nya berprasangka baik, maka ia akan mendapatkan kebaikan Allah SWT. Sebaliknya, jika hamba Nya berprasangka buruk maka dia akan mendapatkan keburukan.

Paling tidak ada empat bentuk berprasangka baik kepada Allah SWT. Pertama berbaik sangka terhadap segala nikmat dan karunia dari Allah SWT. Ini akan membuat kita lebih bersyukur atas semua nikmat Allah SWT.

Kedua, berbaik sangka terhadap musibah yang ditimpakan Allah SWT. Musibah merupakan ujian, sehingga kita perlu sabar dan berprasangka baik. Allah SWT pasti memiliki rencana yang lebih baik kepada umat Nya yang bersabar.

Ketiga, berprasangka baik terhadap ciptaan Allah SWT. Tidak ada yang sia-sia diciptakan Allah SWT, baik makhluk dan lingkungan. Karena itu kita wajib bersyukur dan merawat lingkungan yang merupakan ciptaan Allah SWT.

Keempat adalah berbaik sangka dalam ketaatan kepada Allah SWT, dengan taat atas segala perintah Nya dan menjauhi larangan Nya. Karena banyak pahala dan hikmah yang kita dapatkan dengan taat kepada Allah SWT,  baik di dunia apalagi di akhirat nanti.

Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH. dalam sambutannya pada acara Wirid Mingguan ini mengharapkan agar seluruh Keluarga Besar PMD Sumbar menerapkan tausiyah ini dalam kehidupan sehari-hari. Tidak saja di lingkungan kerja, tetapi lebih penting lagi menerapkan isi tausiyah dalam keluarga masing-masing.

"Dengan kita berprasangka baik, bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT, tentu Allah SWT akan memberikan lagi rezeki dan nikmat yang berlimpah kepada kita," ujar Amasrul, SH.

Dari jumlah 53 orang pegawai di Dinas PMD Sumbar, yang hadir dalam Wirid Mingguan ini sebanyak 33 orang. Sisanya ada yang izin, sakit, cuti, dinas luar dan mengikuti LPJ. (GK)