DKP Terima Penghargaan EVIKA dari Menteri KKP

DKP Terima Penghargaan EVIKA dari Menteri KKP

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 11 Mei 2023 09:41:11 WIB


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat menerima Penghargaan Efektifitas Pengelolaan Kawasan Konservasi Daerah dari Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Pada Acara Rakernis Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP tgl 10 s.d 12 Mei 2023 di Radisson Golf Convention Centre Batam.

 

 

Penghargaan ini melalui progres Evaluasi Efektifitas Kawasan Konservasi (EVIKA) oleh Tim KKP dengan jumlah kawasan Konservasi sebanyak 61 kawasan yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

 

Evika ditetapkan melalui Keputusan Menteri KP No. 106 tahun 2021, Kawasan Konservasi Daerah di Pariaman mendapat kategori Kawasan Konservasi Daerah Muda yang Nilai Efektifitas Pengelolaan Kawasan nya dengan kategori Optimum yaitu persentasi Nilai evika 61,5 % (nomor Tertinggi kategori KKD muda).

 

 

Penghargaan ini diberikan untuk tiga Provinsi yang mendapat nilai tertinggi, yaitu : Papua Barat, Sumatera Barat dan Maluku Utara.

 

 

Hal yang dilakukan kawasan konservasi ini adalah :

Ø Pengelolaan Kawasan Konservasi dengan sistem zonasi  (Zona Inti dan Zona Pemanfaatan) dengan Nama Taman Perairan di Wilayah Kota Pariaman.

Ø Perlindungan terhadap organisme target terumbu karang dan penyu.

Ø Rehabilitasi terhadap ekositem terumbu karang melalui transplantasi terumbu karang.

Ø Peningkatan perekonomian masyarakat disekitar kawasan.

 

 

Semoga di EVIKA selanjutnya Kawasan Konservasi Daerah yang ada di Sumatera Barat bisa mendapat nilai tertinggi.

 

 


Berita Terkait Lainnya :