Goro Jelang Penas Tani XVI, ASN Bersihkan Kawasan Gerbang Masuk Kota Padang

Goro Jelang Penas Tani XVI, ASN Bersihkan Kawasan Gerbang Masuk Kota Padang

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 07 Juni 2023 12:08:12 WIB


Padang, Juni

Seluruh ASN dilingkungan Pemprov Sumatera Barat pada Rabu (7/6/2023) pagi tumpah ruah ke Fly Over Bandara Minangkabau dan Kawasan Batas Kota Padang dengan Padang Pariaman, untuk bergotong royong bersama.

Gotong royong bersama ini dilaksanakan sehubungan dengan akan dilaksanakannya agenda nasional Penas Tani XVI di Sumatera Barat pada 10-15 Juni 2023. Selain ASN Pemprov, juga ASN Pemda Padang Pariaman dan ASN Pemko Padang.

Dinas PMD Provinsi Sumbar bersama seluruh ASN-nya terlibat aktif dalam gotong royong bersama ini. Gotong royong dipimpin langsung oleh Kadis PMD Amasrul, SH. dan pejabat struktural dan jabatan fungsional.

ASN yang ditugaskan untuk bergotong royong membawa peralatan seperti mesin potong rumput, cangkul, sapu, keranjang dan kantong plastik untuk pengumpulan sampah. Sehingga kegiatan gotong royong ini menciptakan kawasan bersih tacelak di Fly Over dan gerbang kota Padang ini.

"Daerah kita akan dikunjungi ribuan tamu selama Penas Tani XVI, mereka datang dari seluruh provinsi Indonesia. Karena itu kawasan gerbang masuk Kota Padang harus bersih dari sampah dan harus terlihat indah," kata Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH.

Harapan Kadis PMD Sumbar adalah, mari kita tunjukkan keramahan masyarakat. Selain ramah juga harus mampu menjadi pemberi  informasi yang baik jika tamu-tamu yang datang bertanya tentang kuliner, tempat wisata atau tentang budaya daerah Minangkabau.

"Sumatera Barat pasti beruntung dengan agenda nasional Penas Tani XVI tahun 2023 selama hampir seminggu lamanya. Tamu-tamu Penas Tani ini pasti akan mengunjungi tempat kuliner dan kawasan wisata di Sumatera Barat, sehingga masyarakat akan menikmati dampaknya secara ekonomi," kata Kadis PMD Amasrul, SH.

Sementara itu, sesuai dengan surat dari Sekda Sumbar Hansastri bahwa daerah kita sudah sejak lama dikenal sebagai daerah yang bersih. Karena jelang Penas Tani XVI ini tidak boleh ada sampah berserakan, tidak boleh bangunan yang mengganggu fasilitas umum dan pohon pelindung yang tidak dipangkas.

"Dengan gotong royong ini maka gerbang Fly Over Bandara Minangkabau dan seluruh jalan utama di Kota Padang wajib bersih dan bebas sampah, sehingga membuat nyaman tamu kita dalam Penas Tani XVI tahun 2023 ini," kata Sekda Provinsi Sumbar Hansastri. (GK)