Cek Kesiapan Penas Bersama Mentan RI, Gubernur Mahyeldi: Kita Persiapkan Untuk RI 1

Cek Kesiapan Penas Bersama Mentan RI, Gubernur Mahyeldi: Kita Persiapkan Untuk RI 1

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 09 Juni 2023 22:26:43 WIB


Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi menegaskan persiapan pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan ke-XVI tahun 2023 di Kota Padang, Provinsi Sumbar telah selesai 100 persen. 

"Alhamdulillah, tadi bersama pak menteri kita sudah cek kesiapan Penas dan kita persiapkan untuk pejabat tinggi negara, VVIP serta beberapa utusan dari beberapa negara sahabat. Kita siapkan segala sesuatunya sampai ruang utamanya untuk pembukaan yang nantinya akan menghadirkan 22 ribu lebih peserta," kata gubernur, saat ditemui disela rapat di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (9/6) malam.

Selain itu, kesiapan lainnya yang telah rampung menurut Gubernur Mahyeldi adalah untuk lokasi pameran pertaniannya, dan gelar teknologinya (Geltek) yang pada akhir Mei lalu juga telah dikunjungi langsung oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

Persiapan tersebut telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar bersama Pemerintah Kota Padang, KTNA dan seluruh unsur terkait sejak jauh hari. Sejak awal dimulainya rencana persiapan tersebut langsung dipantau dan dievaluasi oleh gubernur secara berkala.

"Keseriusan ini kita wujudkan karena Kita ingin berikan yang terbaik," tegas gubernur.

Sebelumnya, dalam sambutan pembukaan acara Rembug Utama KTNA Nasional di Auditorium UNP, Jumat (9/6) pagi, Buya Mahyeldi juga menyampaikan Penas XVI kali ini merupakan bentuk kepercayaan pemerintah pusat dan KTNA kepada Provinsi Sumatera Barat.

“Mengingat pentingnya kegiatan ini, selaku tuan rumah kami akan berupaya maksimal. Kami juga berkomitmen untuk menjadikan Penas di Sumbar sebagai Penas terbaik,” kata Gubernur Mahyeldi.

Sore harinya, gubernur bersama Menteri Pertanian melakukan peninjauan ke lokasi Penas. Turut hadir sejumlah pejabat lainnya, diantaranya tampak Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Walikota Padang Hendri Septa, Sekdaprov Sumbar Hansastri, Ketua KTNA Nasional, Ketua KTNA Sumbar, serta pejabat dari Kementerian Pertanian.

Sementara itu, pada saat pembukaan penas nanti, direncanakan selain Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, akan hadir juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sedangkan untuk kepala daerah yang datang, hingga jumat siang tercatat juga telah hadir sejumlah gubernur dan walikota, diantaranya Gubernur dari Provinsi Sumsel Herman Deru, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernur Sumatra Utara Edi Rahmayadi, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Jambi Al Haris, wakil Gubernur Kalimantan Barat  H. Ria Norsan dan bupati/walikota se Indonesia yang hadir membawa rombongan KTNA dari masing-masing daerah (doa/Diskominfotik Sumbar)