Sekda Sumbar Beri Dukungan Untuk Kesembuhan Mahasiswi Asal Pasbar

Sekda Sumbar Beri Dukungan Untuk Kesembuhan Mahasiswi Asal Pasbar

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 03 Februari 2024 19:57:43 WIB


Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri, menyambut kedatangan seorang mahasiswi asal Pasaman Barat dari negara Hungaria, di VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Kamis (1/2/2024).

Mahasiswi tersebut diketahui mengidap penyakit Meningitis Tuberkolosis. Sebut saja namanya Via (nama samaran, Red). Ia sedang menempuh pendidikan di Politeknik Batam dan melaksanakan tugas magang di Benua Eropa, tepatnya pada salah satu perusahaan di negara Hungaria. 

Kepulangannya bertujuan agar penanganan medis lebih optimal sekaligus dekat dengan keluarga. Via akan melanjutkan perawatannya di RSUD Kota Pariaman.

Pada kesempatan itu Hansastri berpesan kepada orang tua via, agar pihak keluarga senantiasa berdoa dan memberikan dukungan moril penuh guna percepatan pemulihan via.

“Kami dari jajaran Pemprov Sumbar akan mengupayakan yang terbaik untuk  pemulihan via, terus koordinasi dengan kami dan pihak rumah sakit ya pak, InsyaAllah ananda via segera diberi kesembuhan oleh Yang Maha Kuasa,” ungkapnya optimis.

Sementara itu, salah seorang perwakilan keluarga Via menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penanganan ananda Via serta mengupayakan proses kepulangannya ke tanah air, hingga kembali ke Sumbar.

“Terima kasih pak Sekda, Kedubes RI, Poltek Batam, yang sudah membantu dalam perawatan anak saya dari Hungaria sampai tiba di sini, saya tidak bisa berkata apa apa, sekali lagi terima kasih banyak,” ucapnya.

Via berasal dari Pasaman Barat sebelumnya berkesempatan magang di PT Infineon Kft di Hungaria. Ia didiagnosa mengalami penyakit Meningitis Tuberkolosis sejak tanggal 17 September 2023, dan telah mengalami pemulihan saat dirawat di rumah sakit Toldy Ferenc Cegléd, di Hungaria selama 137 hari.

Menurut pendapat ahli rehabilitasi RS Toldy Ferenc, menyatakan bahwa proses pemulihannya membutuhkan dukungan dari lingkungannya, dikarenakan keterbatasan bahasa dan psikologi pasien dalam percepatan pemulihan kondisinya, maka pihak rumah sakit melakukan repatriasi.

Penyambutan ini turut di hadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Drg Lila Yanwar, Ketua Prodi Teknik Elektronika Manufaktur Poltek Batam Muhammad Arifin, perwakilan PT Markija Berdaya serta jajaran RSUD Kota Pariaman. Mudah-mudahan dengan hadirnya keluarga, Via segera pulih seperti sediakala, InsyaAllah. 

(dzh/Diskominfotik)