Menko PMK : Jadikan Sumbar Menjadi Contoh Baik Penanggulangan Bencana

Menko PMK : Jadikan Sumbar Menjadi Contoh Baik Penanggulangan Bencana

Berita Utama Rina Yuli Hefni, S.ST.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 26 April 2024 17:47:02 WIB


Provinsi Sumatera Barat dapat menjadi model atau contoh baik terhadap provinsi lain dalam penanggulangan bencana. Sumbar dapat menjadi rujukan nasional dan bahkan internasional. 

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam sambutannya pada puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024 yang digelar  di Gedung Youth Center Padang, Jumat (26/04/2024). 

“Seluruh warga Sumatera Barat, untuk betul-betul menjadikan penanggulangan bencana, pencegahan bencana, pengurangan resiko bencana untuk menjadi program prioritas, kepada seluruh kepala daerah harus betul-betul di fokus kan pada pencegahan resiko bencana di Sumatera Barat, baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” ungkap Muhadjir di sela peringatan HKBN yang mengusung tema “Siap Untuk Selamat".

Lebih lanjut dikatakan bahwa Sumatera Barat merupakan contoh lengkap terjadinya bencana alam, mulai dari potensi tsunami, erupsi gunung merapi, longsor, dan bencana alam lainnya. 

Untuk itu ia berharap masyarakat Sumatera Barat betul-betul bisa menjadi model dalam hal mitigasi bencana. 

“Mempunyai rencana penanganan yang teroganisir dan bisa menjadi contoh di Indonesia dalam mengurangi resiko bencana,” ujarnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyampaikan bahwa puncak hari HKBN Tahun 2024 yang diselengarakan di Kota Padang juga akan diisi dengan berbagai kegiatan.

“Penanaman pohon di tepi pantai, berbagi pengetahuan, simulasi evakuasi di beberapa daerah di Indonesia serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang tinggal di tepi pantai, untuk meningkatkan kemampuan, kesiapan, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," ucap Suharyanto.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Menko PMK, Kepala BNPB serta semua pihak terkait dalam penyelenggaraan HKBN Tahun 2024.

"Saya atas nama Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada kepada Kepala BNPB atas terpilihnya Sumatera Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2024 ini, kami berharap semoga dengan momentum HKBN ini masyarakat Sumatera Barat lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bencana," kata Buya Mahyeldi.

Turut hadir dalam agenda tersebut, antara lain, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Forkompinda Provinsi Sumbar, Perwakilan Kedutaan Australia, Perwakilan Kemenristek, Kepala BMKG Sumbar, Kepala Basarnas, Perwakilan Kementerian/Lembaga, Walikota Padang, Forkompinda kota padang, NGO Nasional dan Lokal, rektor berbagai perguruan tinggi, Kepala BPBD Kab/Kota se-Sumatera Barat. (RYH/DiskominfotikSumbar)