Rapat Terpadu Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2014

Berita Utama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 11 Juli 2014 07:48:05 WIB


                

Padang - Bulan Ramadhan masih tersisa sekitar 2 minggu lagi. Namun antisipasi penyelenggaraan angkutan lebaran telah mulai dilakukan oleh Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat bersama mitra kerja pada Kamis (10/7), kemarin. Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Rapat Terpadu Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2014 M/ 1435 H. Adapun mitra kerja yang dimaksud adalah Dirlantas Polda Sumbar, Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat, Kepala PT KAI, Dinas Prasjaltarkim, dan Dishubkominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

 Acara yang dimulai pada pukul 15.00 tersebut dibuka dengan pemberian arahan oleh Kepala Dinas Dishubkominfo Sumbar, Amran, SE, MM. Ia memaparkan bahwa rapat terpadu tersebut bertujuan untuk sharing informasi tentang persiapan yang dilakukan oleh kabupaten/kota menjelang lebaran (hari raya Idul Fitri) nanti. “Seperti kita tahu dalam Beberapa hari ke depan akan ada tuntutan akan kebutuhan transportasi dan keamanan transportasi. Masyarakat akan minta difasilitasi, maka hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” urai Amran, SE, MM.

 Untuk menjamin ketersediaan  sarana transportasi, keamanan, kenyamanan, kelancaran serta ketertiban  angkutan lebaran diperlukan kerjasama berbagai pihak. Seperti yang diuraikan dalam ekspos atau paparan oleh Dirlantas Polda Sumbar yang disampaikan oleh Deni, Kasubdit Kamsel pada tahun ini Operasi Ketupat akan kembali dilaksanakan. Meskipun jumlah kecelakaan lau lintas mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, tahun 2012 jumlah kecelakaan 173 kasus sedangkan pada 2013 158 kasus kesiapsiagaan perlu terus dilakukan. Selain penertiban pengendara kendaraan bermotor maupun pengendara roda empat, Dirlantas Polda Sumbar telah merumuskan langkah-langkah untuk antisipasi pada operasi ketupat 2014 H-7 / H+7, yaitu melakukan koordinasi dengan pengusaha angkutan umum agar lebih meningkatkan pelayanan, memberikan pengamanan dalam kondisi lalu lintas mengalami kemacetan, menghentikan operasional sementara truk angkutan barang H-5 / H+5, serta melarang angkutan barang untuk mengangkut orang serta penegakan hukum yang baik. 

 

Tidak hanya Dirlantas Polda Sumbar yang melakukan persiapan menjelang lebaran, PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat juga turut memikirkan kenyamanan masyarakat. “Kami akn siaga 24 jam untuk menerima informasi dari pihak kepolisian. Pada H-7 / h+7 kami akan membuka posko lebaran 2014 di kantor cabang, kantor perwakilan dan pos terpadu, “ujar perwakilan PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat, I Wayan Destika. Mereka akan memberikan pengobatan cuma-cuma bagi para pengemudi di posko-posko terpadu yang ada. Kemudian juga akan memasang spanduk di daerah rawan kecelakaan.

 Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, Dishubkominfo Provinsi Sumatera Barat melalui sektor-sektor (darat, laut dan udara) yang ada juga melakukan berbagai strategi. 

Perkiraan Lonjakan Penumpang

No.

Jenis Angkutan

Tahun 2013

Tahun 2014

Keterangan

1.

Angkutan jalan

      692.217

        775.285

Peningkatan 12 %

2.

Angkutan penyeberangan

          5.517

            6.100

Peningkatan 10 %

3.

Angkutan Kereta Api

        31.100

          35.700

 

 

Jumlah

      728.834

        817.085

 

 

Sumber: Sektor LLAJ dan Perkeretaapian Dishubkominfo Sumbar

 

 Seperti menyiapkan sarana angkutan darat seperti bus AKAP sebanyak 518 orang dengan kapasitas 150.150 orang, AKDP sejumlah 1.510 dengan kapasitas 1.437.157 orang. Sedangkan bus pariwisata disiapkan 86 bus dengan kapasitas 2.201 orang. Angkutan sewa 55 MPU dengan kapasitas 440 orang. Untuk angkutan penyeberangan lintas Padang-Mentawai juga telah disiapkan 2 kapal (Ambu-Ambu dan Gambolo) yang menampung 6.640 orang penumpang . Serta penambahan rute angkutan kereta api. Dan untuk angkutan udara (pesawat terbang) akan menambah jam terbang ke berbagai kota tujuan. *** DishubkominfoSB