GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN)

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 25 Agustus 2014 09:04:02 WIB


 

GERAKAN MEMASYARAKATKAN MAKAN IKAN (GEMARIKAN)

PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2014

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang disingkat dengan Gemarikan adalah program Nasional yang ditujukan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat telah dilaksanakan setiap tahun di Provinsi Sumatera Barat oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat semenjak tahun 2008. Semenjak Tahun 2011 dengan dikukuhkannya FORIKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Provinsi Sumatera Barat, Gerakan memasyarakatkan Makan Ikan pelaksanaanya semakin ditingkatkan dengan beragam program dan kegiatan seperti Kampanye Makan Ikan, Lamba masak serba ikan tingkat Provinsi dan Nasional, Lomba PAUD, Lomba Rumah Makan dengan menu ikan, Lomba Forikan Tingkat Kabupaten/Kota, diversifikasi olahan berbahan baku ikan, serta sosialisasi manfaat makan ikan dengan pembicara tokoh masyarakat dan ahli gizi. FORIKAN Provinsi Sumatera Barat dinilai berhasil meningkatkan konsumsi ikan di Provinsi Sumatera Barat yang ditandai dengan penghargaan diperolehnya penghargaan Gemarikan Kategori FORIKAN Provinsi dari Menteri Kelautan dan Perikanan.

Pada tahun 2014, pelaksanaan Gemarikan tahun 2014 dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2014 di Lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat. Sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu telah dilakukan penilaian terhadap nominasi PAUD, rumah makan dengan menu ikan serta FORIKAN tingkat Kabupaten/Kota oleh tim juri dari FORIKAN Provinsi Sumatera Barat yang hasilnya diumumkan pada saat pelaksanaan acara Gemarikan. Berdasarkan hasil penilaian maka pemenang dari ketiga lomba tersebut adalah sebagai berikut :

A. Lomba Forikan Tingkat Kabupaten/Kota :

 

Juara I            Forikan Kabupaten Sijunjung

Juara II            Forikan Kabupaten Solok

Juara II            Forikan Kabupaten Agam

 

B. Lomba PAUD :

 

Juara I            PAUD Kampung Lembah I, Nagari Koto Dalam, Kabupaten Padang Pariaman

Juara II            PAUD Restu Bundo, Kabupaten Solok

Juara II            PAUD Kasiah Bundo, Jorong Pulutan, Nagari Koto Tuo, Kec. Arau, Kabupaten 50 Kota

 

 

C. Lomba Rumah Makan dengan menu ikan

Juara I            Rumah Makan Damar Resto, Nagari Kinari,Kec. Bukit Sundi, Kabupaten Solok

Juara II            Rumah Makan Kiambang Raya, Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman

Juara II            Rumah Makan Sari Ratu, Kabupaten Sijunjung

Pada Gemarikan tahun 2014 telah dilakukan pelantikan pengurus Forikan tahun 2014 sampai dengan 2017 yang dilakukan oleh Bapak Sekretaris Daerah atas nama Gubernur Sumatera Barat. Diharapkan dengan adanya pengurus yang baru ini, maka program-program FORIKAN kedepannya akan lebih mantap.

Diakhir acara dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba. Untuk lomba masak serba ikan, peringkat pertama diraih oleh PKK dari Kota Sawahlunto dan untuk lomba jingle diraih oleh SMU Cendekia dari Kabupaten Agam.

Dokumentasi Kegiatan :