Gubernur Serahkan Kendaraan dan Peralatan Bencana Kesadaran Masyarakat Penting Menghindari Korban Bencana

Berita Utama () 27 Desember 2014 07:40:03 WIB


Padang,-Kesadaran masyarakat dalam menghindari bencana sangatlah penting sekali, pemerintah daerah terus berupaya memberikan sosialisasi dan pelatihan dalam menghadapi bencana. Sosialisasi itu tidak saja untuk perorangan, akan tetapi juga di berikan kepada kelompok, organisasi, sekolah-sekolah maupun masyarakat setingkat RT dan Kelurahan.

“Siapa yang tahu bencana itu kapan akan datangnya, manusia hanya bisa siap siaga sebelum terjadi bencana, tentu ada pelatihan dan pembekalan”, ucap Irwan Prayitno dihadapan Bupati/Walikota dan Kepala BPBD se-Sumbar pada acara Evaluasi Siaga Darurat Bencana dan Penyerahan Bantuan Kendaraan Serta Peralatan BNPB, Rabu sore (24/12) di Auditorium Gubernuran.

Irwan Prayitno menyampaikan hal yang paling penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bencana yang terjadi disekitarnya.

“Selain mungkin juga karena sudah takdir, korban meninggal akibat bencana dan mereka memang tinggal didaerah rawan bencana itu, setidaknya apabila sudah menghindar dari daerah tersebut, mungkin kenyataan akan lebih aman dan hal buruk itu tidak akan terjadi”, kata IP.

Gubernur juga menambahkan bahwa kewajiban pemerintahlah untuk menghimbau dan membantu masyarakat apabila memang terjadi bencana. Ini dibuktikan dengan Himbauan Gubernur bahwa Sumatera Barat mulai 1 November sampai dengan 31 Desember 2014 dalam keadaan siap siaga bencana “cuaca ekstrim“. Hal ini didasarkan pada laporan BMKG yang mengatakan bahwa Sumbar memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga akan berpotensi banjir dan longsor. Selain itu juga diberikan bantuan peralatan bencana yang diserahkan oleh BNPB ke Kab/Kota di Sumbar.

Pada Kesempatan yang sama Kepala BPBD Sumbar Yazid Fadhli menyampaikan sejak Bulan November dan Desember ini telah terjadi bencana longsor sebanyak 22 kali dengan korban 3 orang, bencana banjir 38 kali, korban meninggal 1 orang, 550 rumah terendam dan 20 Hektar sawah terendam yang tersebar diseluruh kab/Kota di Sumbar.

Ia menyampaikan salah satu tujuan pelaksaan kegiatan ini adalah mendukung kesiapan penanggulangan bencana di sumbar, kita selalu siaga, karena daerah sumatera barat rawan dengan bencana.

“bantuan yang kita berikan ke kab/kota berupa alat dan perlengkapan penanggulangan bencana, yang nantinya dapat dipergunakan disaat ada bencana dan juga untuk pelatihan dalam penanggulangan bencana”, kata Kepala BNPB Sumbar tersebut.

Bantuan yang diserahkan berupa 1 unit mobil rescue kepada Kota Payakumbuh, 1 unit mobil tangki air untuk Kab. Pessel, 1 unit mobil tangki air, 2 unit perahu PE (Polyethlene) dan mesin Perahu 9,8 PK untuk kabupaten Sijunjung, 1 unit mobil dapur umum untuk Kabupaten Solok, 1 unit mobil truk serbaguna untuk kabupaten Tanah Datar, 1 unit Speedboat PE untuk Kota Pariaman, 2 unit perahu PE dan mesin perahu 9,8 PK untuk Kabupaten Agam, Kota Padang dan Kota Solok.

Sedangkan untuk Provinsi Sumatera Barat juga menerima piagam penghargaan dari BNPB kategori Booth terbaik I dan juara II pada lomba pemetaan BPBD Prov/Kab/Kota pada acara Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana 2014 di Bengkulu, 13-15 Oktober 2014 lalu.

(Humas Sumbar)