Evaluasi Mendagri Pengaruhi Serapan Anggaran

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 22 Agustus 2015 05:19:34 WIB


Padang, Eva­luasi APBD Sumbar tahun 2015 yang dilakukan oleh Kemen­trian Dalam Negeri (Kemendagri) cukup mempengaruhi pelak­sanaan anggaran di Sumbar. Sehingga Gubernur meminta agar serapan anggaran harus lebih dimaksimalkan dan dipercepat.

“Gubernur sendiri sudah jauh-jauh hari mene­kankan agar masing-masing SKPD tetap memper­hatikan serapan anggaran jangan sampai rendah. Apalagi sampai tidak memenuhi target yang sudah ditetapkan,” kata Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau Setdaprov Sumbar, Muhammad Yani. Kamis (20/8).

Dikatakannya, selain pengaruh koreksian Kemendagri terhadap APBD, pembebasan lahan juga masih menjadi peng­halang maksimalnya serapan anggaran. Terutama untuk kegiatan pembangunan fisik dan infrastruktur di Sumbar.

Reali­sasi fisik Sumbar hingga akhir Juli menempati posisi ke lima dari 34 provinsi di Indonesia, dengan persentase mencapai 58,54 persen. “Meski demikian Satuan Ker­ja Perangkat Daerah (SKPD) tetap diminta memaksimalkan serapan anggaran untuk pencapaian target di akhir tahun anggaran,” te­rangnya.

Sementara untuk pembe­ba­san lahan kata M Yani, pihaknya akan tetap berupaya mengatasinya agar kualitas serapan anggaran di Provinsi lebih baik. Setidaknya, meminta partisipasi instansi terkait untuk ikut membantu semaksimal mungkin.

(Humas Sumbar)