Pj. Gubernur Sumbar : Semangat bela negara bukan hanya angkat senjata

Pj. Gubernur Sumbar : Semangat bela negara bukan hanya angkat senjata

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 22 Desember 2015 15:11:24 WIB


Pj. Gubernur Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek menyatakan semangat bela negara bukan hanya saja mengangkat senjata, tapi dapat diartikan juga sebagai ladang semangat pengabdian kita dalam berbagai bentuk profesi, apakah itu petani, tenaga kesehatan, TNI/ Polri,  Pegawai Negeri Sipil ataupun profesi lainnya.

“Seorang petani yang menghasilkan tanaman pangan dalam setahun, itu merupakan bukti pengabdiannya kepada negara dan merupakan bagian juga dalam bela negara” sebut Pj. Gubernur seusai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2015 di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, Selasa (22/12), yang dihadiri juga oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Barat, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sumatera Barat, Jajaran TNI/ Polri, Para Pejuang Veteran serta para pelajar.

Kemudian, Donny Moenek menjelaskan, terdapat 3 (tiga) tantangan besar, yakni bersifat sumber daya energi, sumber daya pangan dan sumber daya lain yang harus kita perkuat, dan itu adalah bagian yang tak terpisahkan untuk kita terus membangun dan mengingat bagaimana dahulu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) dipindahkan Jogjakarta ke Bukittinggi pada tahun 1948.

“Itu bukti dan tekad bahwa pemerintahan Indonesia saat itu masih tetap ada, walapaun berstatus darurat” ujarnya.

Lanjut, Pj. Gubernur menggambarkan, saat sekarang dan kedepan kita harus mampu menjadikan semangat bela negara sebagai salah satu pedoman kita dalam sehari-hari.

“terus gaungkan dan tumbuh kembangkan sehingga dapat kita tingkatkan semangat untuk bela negara, namun tentunya dengan sesuai dengan lahan pengabdian kita masing-masing” harapnya.